Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat

Sosialisasi KIM di Kecamatan Ngemplak, 21 Mei 2019.

Sesuai Perbup Sleman No. 51/2017 ttg Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) , KlM adalah lembaga komunikasi masyarakat yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat sesuai dengan kebutuhannya, secara mandiri dan kreatif yg aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat . Pemerintah Kecamatan Ngemplak bersama Dinas Kominfo Sleman mendorong terbentuknya KIM sesuai potensi yang sudah ada di Kecamatan Ngemplak, saat ini banyak masyarakat Ngemplak yang sudah secara aktif berbagi informasi melalui media sosial, beberapa diantaranya melibatkan tokoh budayawan, aktivis masyarakat dan karang taruna.

Pembentukan KIM bertujuan untuk membangun masyarakat informasi yang mendukung pembangunan Kabupaten Sleman menuju Sleman Smart Regency, jadi KIM ini banyak fungsinya, selain sebagai wahana informasi, mitra dialog pemerintah, sarana peningkatan literasi masyarakat, dapat dikembangkan pula menjadi lembaga bernilai ekonomi. Sayangnya, data dari Dinas Kominfo, KIM wilayah Kecamatan Ngemplak di tahun 2018 baru terbentuk 1 KIM saja.

Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini meningkatkan kepedulian Pemerintah Desa dan juga masyarakat dalam pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat di wilayah Ngemplak. Perlu diketahui bahwa prinsip-prinsip pembentukan KIM pada dasarnya adalah atas inisiatif masyarakat sebagai pusat informasi masyarakat karena memiliki basis data informasi. KIM dapat dibentuk di tingkat Desa, maupun Kecamatan dan dikukuhkan oleh Kepala Desa atau Camat.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *