Rombongan PPID Kulon Progo mengunjungi PPID Pembantu Kecamatan Ngemplak

Rabu 9 Mei 2018, rombongan PPID Pemkab Kulon Progo mengunjungi PPID Pembantu Kecamatan Ngemplak. Rombongan yang dipimpin oleh Bapak Sigit Purnomo dari Dinaskominfo ini terdiri dari tim PPID utama dan 11 dari total 12 Sekcam selaku PPID pelaksana di wilayah Kecamatan. Rombongan disambut hangat oleh Camat Ngemplak, Siti Wahyu Purwaningsih dan tim PPID Kecamatan Ngemplak, hadir juga sebagai narasumber dan pendamping dari PPID utama Pemkab Sleman yaitu Ibu Cecilia Lusiana.

Ketua rombongan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan terkait prestasi Kab. Sleman di tahun 2017 yang mendominasi perolehan penghargaan keterbukaan informasi publik dalam evaluasi yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi DIY, yang mana untuk Kategori Pemerintah Kecamatan penghargaan keterbukaan informasi publik diraih oleh Kecamatan Ngemplak, Depok, dan Godean yang ketiganya berasal dari wilayah Sleman.

Menanggapi hal itu, Camat selaku pimpinan  dan Sekcam selaku PPID pembantu di Kecamatan Ngemplak sedikit banyak menjelaskan tentang mekanisme pengelolaan pelayanan informasi publik di Kecamatan Ngemplak. Apa saja kendala yang dihadapi dan upaya yang telah ditempuh untuk menyelesaikannya. Sekcam Ngemplak menjelaskan bahwa persaingan antar PPID pembantu di Pemkab Sleman sangat tinggi..terbukti walaupun tahun lalu berada di peringkat I dalam evaluasi Komisi informasi DIY, posisi Kecamatan Ngemplak dalam hasil monev internal fluktuatif berada di posisi 3, 4 dalam triwulan pertama. Pengelolaan informasi publik melalui website memang menjadi salah satu persaingan ketat di antara Perangkat Daerah di Sleman, hal itu tidak terlepas dari peran Dinas Kominfo yang selalu melakukan monitoring dan evaluasi rutin setiap bulan terhadap perkembangan konten dan updating website masing-masing perangkat daerah.

Diskusi dilanjutkan dengan tanya jawab tentang teknis pengelolaan PPID melalui website dan juga peran Dinas Kominfo Sleman, dijelaskan bahwa selaku PPID utama, Dinas Kominfo mendorong dan memfasilitasi PPID pembantu untuk melaksanakan pelayanan permohonan informasi publik sesuai dengan Peraturan Bupati Sleman No. 9 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Publik yang menjadi acuan bagi PPID utama maupun PPID pembantu di Kecamatan dalam menjalankan tugas pengelolaan informasi publik. Selain melakukan monev rutin tiap.bulan yang disampaikan dalam rakorpim dan melalui surat pemberitahuan ke semua Perangkat daerah, Dinas Kominfo juga rutin mengadakan pelatihan, bimbingan teknis dan juga rapat koordinasi pengelolaan website bagi admin web masing-masing perangkat daerah.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat