Profil Kecamatan

LATAR BELAKANG

Kecamatan Ngemplak merupakan Kecamatan yang berada di ujung timur Kabupaten Sleman yang berbatasan dengan Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah yaitu Kecamatan Manisrenggo dan Kecamatan Prambanan di sebelah timur merupakan wilayah pinggiran Kabupaten Sleman yaitu Desa Bimomartani dan Sindumartani, sedangkan di wilayah selatan merupakan pengembangan perkotaan karena berada di wilayah perbatasan dengan Kecamatan Depok Desa Maguwoharja dan Caturtunggal sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Pakem dan Kecamatan Ngaglik. Karena berbatasan dengan wilayah Kecamatan lain maka akan berpengaruh terhadap karakter masing-masing wilayah, permasalahan yang ada diwilayah pun juga semakin komplek dan menyeluruh.

Penyusunan Profil Satuan Kerja Perangkat Daerah ini memuat data dasar kondisi wilayah secara umum Kecamatan Ngemplak sehingga dapat dipakai sebagai informasi dan gambaran yang ada tentang Potensi yang ada diwilayah Kecamatan Ngemplak dengan harapkan  buku profil ini dapat  dipakai sebagi dasar acuan kegiatan Pembangunan atau investor yang akan masuk ke Kecamatan Ngemplak . Sesuai dengan kondisi tata ruang dari Kabupaten Sleman dapat diarahkan untuk pengembangan perkotaan yaitu wilayah Desa Wedomsrtsni, Wilayah Pertanian untuk Desa Sindumartani,Widodomartani, Bimomaetani dan pengembangan pendidikan , pemukiman dan pertanian  yaitu  Desa Umbulmartani.

 

SEJARAH KECAMATAN NGEMPLAK

Kecamatan Ngemplak merupakan salah satu dari 17 Kecamatan yang ada   di Wilayah Kabupaten Sleman, sejarah dahulu menyebutkan bahwa Kecamatan Ngemplak merupakan Kepenewonan yang keberadaannya di wilayah Kabupaten Kalasan, seiiring dengan hilangnya Kabupaten Kalasan lebur menjadi satu dengan Kabupaten Sleman pada tahun 1916 sehingga pada saat itu Kecamatan Ngemplak menjadi bagian dari Kabupaten Sleman.

Kecamatan Ngemplak pada masa dahulu  terbagi menjadi 17 Kalurahan, sesuai dengan perkembangan wilayah dan kebijakan penggabungan (Blangketan/Otonomi) maka Kecamatan Ngemplak akhirnya hanya membawahi 5 Desa yaitu Desa Umbulmartani, Desa widodomartani, Desa Biomartani, Desa Wedomartani dan Desa Sindumartani. Nama Ngemplak tidak menunjuk pada arti filosofi tertentu. Pada mulanya Kantor Kecamatan Ngemplak berlokasi diwilayah Kalurahan lama Ngemplak (saat ini masuk Desa Umbulmartani) sehingga diyakini bahwa  frasa Ngemplak berasal dari lokasi Kecamatan pada waktu itu.