Potensi Wisata Candi Gebang

 

Candi Gebang merupakan Candi Hindu yang diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-8 M pada saat wangsa Sanjaya berkuasa pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terletak di Dusun Gebang, Jetis Wedomartani Ngemplak. Bangunan candi seluas 27.56 m2 dan terletak di lahan seluas 2.260 m2 . Berdasarkan data dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Candi ini ditemukan pada tahun 1936 ini pernah dipugar dengan dipimpin oleh Van Romondt pada tahun 1937-1939. Candi Gebang berdenah bujur sangkar dengan ukuran 6.26 x 5.25 m dengan tinggi sekitar 7.75 m.

Pada bangunan candi tidak ada relief yang menghiasi bagian kaki candi. Pintu masuk ke ruangan dalam tubuh candi terletak di sisi timur. Di dalam bangunan candi terdapa sebuah yoni. Di kanan kiri pintu masuk terdapat relung tempat arca. Di relung utara terdapat arca Nandiswara sedangkan relung selatan dalam keadaan kosong. Konon di relung tersebut tadinya terdapat arca Mahakala. Di sisi barat (belakang) terdapat relung yang diisi dengan Arca Ganesha yang duduk di atas sebuah yoni dengan belalai mengarah ke utara.

Pada hari libur beberapa wisatawan berkunjung untuk sekedar mengagumi peninggalan sejarah dan berswafoto dilingkungan Candi Gebang yang sangat asri. Di lokasi candi gebang juga terdapat fasilitas kamar mandi dan juga beberapa bangku di beberapa titik taman area candi. Untuk memasuki kompleks candi ini pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp2 ribu, dan anak-anak Rp1.000.  Candi Gebang ini buka setiap hari, Senin-Minggu dari pukul 08.00 WIB-17.30.

Anda tertarik ?  berikut lokasi Candi Gebang Lokasi Candi

Author: admin

1 thought on “Potensi Wisata Candi Gebang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *