Peningkatan Pembangunan Non Fisik jadi fokus Musrenbang Kecamatan Ngemplak 2019

Ngemplak, 1 Februari 2018, Pemerintah Kecamatan Ngemplak menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Th 2019 (Musrenbang) tingkat Kecamatan di pendopo Kecamatan Ngemplak. Dihadiri oleh perwakilan unsur SKPD di jajaran Pemkab Sleman dan DPRD Kab. Sleman, Musrenbang juga diikuti oleh perwakilan Pemerintah Desa dan juga perwakilan dari elemen masyarakat baik dari tokoh masyarakat, tokoh budaya, PKK, Karang Taruna, sampai dengan masyarakat penyandang dissabilitas.

Musrenbang yang bertepatan dengan hari Kamis Pahing juga menjadi hal yang berbeda diakrenakan sebagian besar peserta berbusana Kejawen.

Musrenbang diawali dengan paparan Camat, mengenai usulan prioritas pembangunan yang telah diajukan Pem. Desa, untuk kemudian mendapat tanggapan, maupun usulan dari peserta Musrenbang.  Camat Ngemplak, Dra. Siti Wahyu Purwaningsih mengharapkan dengan hadirnya perwakilan dari elemen masyarakat ini, mereka  dapat menyampaikan aspirasi dan kebutuhan pembangunan masyarakat yang sebenarnya, karena usulan dari Pemerintah Desa masih dianggap belum mewakili semua kepentingan elemen masyarakat. Anggota DPRD Sleman, Surono juga menambahkan bahwa sebagian besar dari aloaksi pembangunan sejauh ini masih terfokus pada pembangunan Fisik, hampir 98 % pembangunan berupa pembangunan Fisik, sedangkan pembangunan Non Fisik masih sangat kurang diakomodir.

Beberapa catatan selama Musrenbang diantaranya bahwa Kecamatan Ngemplak menerima dana PUPN sekitar 2,9 M, yang nantinya akan dibagi kepada kelima Pemerintah Desa. Kebijakan dari Pemerintah Kecamatan, 25% dari dana PUPN itu nantinya akan dikelola oleh Pemerintah Kecamatan. Usulan -usulan dari perwakilan masyarakat juga ditampung sebagai bahan paparan Camat saat Musrenbang di tingkat Kabupaten.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat