Pemkab Sleman sigap cegah Kluster perkantoran

Sejak diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru Juli 2020 lalu, hampir semua jenis pelayanan publik di Perangkat Daerah Kabupaten Sleman kembali berjalan dengan penerapan protokol kesehatan. Berbagai fasilitas dan sarana penunjang seperti tempat cuci tangan, pos pengecekan suhu, pengaturan kursi dan penyekatan petugas dan pemohon di ruang tunggu, hingga SOP Pelayanan menyesuaikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid 19. Beberapa instansi juga membatasi jam pelayanan tatap muka memaksimalkan layanan daring (online) .

Namun dalam perkembangannya, dalam sepekan terakhir , kasus konfirmasi covid 19 di lingkungan perkantoran  baik di kalurahan, kapanewon maupun Perangkat Daerah lain di Kabupaten Sleman meningkat. Di wilayah Kapanewon Ngemplak, sampai perlu pembatasan wilayah terbatas untuk wilayah Bimomartani. Mulai senin 28 Juni 2021, beberapa instansi mengumumkan penutupan sementara terkait proses dekontaminasi covid 19 seperti di Kapanewon Moyudan dan Berbah setelah sebelumnya ada beberapa ASN nya yang terkonfirmasi covid 19.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemkab Sleman mengeluarkan surat edaran kepada Kepala Perangkat Daerah, Kepala BUMD dan Lurah se – Kabupaten Sleman terkait Pencegahan Penyebaran Covid 19 di lingkungan Perkantoran dengan ketentuan sbb

1.  Meniadakan kegiatan rapat, sosialisasi, diklat, seminar dan segala bentuk pertemuan tatap muka dan diarahkan untuk mengoptimalkan teknologi informasi untuk melaksanakan kegiatan  pertemuan tsb. secara daring.

2. Membatasi penerimaan kunjungan tamu sampai kondisi epidemiologi membaik atau kasus menurun signifikan.

3. Memperketat pelaksanaan prokes di lingkungan kantor,  optimalisasi pelaksanaan sistem Work Form Home bagi ASN yang bergejala ataupun sedang menunggu hasil test swab.

4. Mengoptimalkan pelayanan umum secara daring, dan apabila tidak dimungkinkan bisa melayani secara langsung dengan pengetatan prokes dan pembatasan jam layanan.

5. Ketentuan ini berlaku hingga 30 Juli mendatang.

Unduh surat edaran selengkapnya di (Sini)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat