Pelayanan Permohonan Informasi di Kecamatan Ngemplak

Pengelolaan Informasi Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman diatur dalam Perbup Bupati Sleman No. 9 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Publik. Dalam Perbup tersebut diatur tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik yang dilaksanakan oleh PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) yang mana melekat pada pejabat struktural yang membidangi tugas dan fungsi pelayanan informasi publik. Sekretaris Camat Kecamatan Ngemplak berkedudukan sebagai PPID Pembantu bertugas untuk melaksanakan Pelayanan Informasi Publik pada Perangkat Daerah.

Dalam Pasal 12 Bab III Perbup tsb, diatur bahwa Setiap warga negara dan/atau badan hukum Indonesia dapat mengakses informasi publik dari badan publik kecuali informasi yang dikecualikan sesuai
ketentuan peraturan perundang-undangan.

Jenis permohonan informasi publik meliputi:
a. akses informasi publik; dan/atau
b. wawancara.

Pemohon informasi publik dapat mengajukan permohonan informasi kepada
PPID dan PPID Pembantu apabila pemohon informasi publik telah melengkapi
persyaratan administrasi.

Persyaratan administrasi permohonan informasi publik sebagai berikut:
a.  fotokopi Kartu Tanda Penduduk pemohon informasi publik;
b.  akta pendirian badan hukum bagi pemohon institusional;
c.  surat keterangan dari instansi pemohon institusional;
d.  tujuan penggunaan informasi publik; dan
e.  daftar pertanyaan untuk permohonan informasi berupa wawancara.

Prosedur :

  1. (1) Pemohon mengisi formulir permohonan informasi publik yang telah disediakan , baik langsung di Kantor Kecamatan maupun diunduh di sini download formulir permohonan informasi
  2. dan dilengkapi dengan persyaratan administrasi.
  3. (2) Formulir permohonan diisi secara lengkap dan benar, dan ditandatangani oleh pemohon informasi publik.
    (3) Permohonan  disampaikan kepada PPID dan/atau PPID Pembantu sesuai dengan jenis informasi yang dimohonkan, baik melalui email, website, faksimile maupun datang langsung ke Kantor Kecamatan Ngemplak.

Author: admin

2 thoughts on “Pelayanan Permohonan Informasi di Kecamatan Ngemplak

  1. Selamat Siang Bapak/Ibu
    Saya Ameria, dari Sekolah Tinggi Komunikasi Yogyakarta.
    saya ingin menanyakan terkait dengan struktur organisasi PPID kecamatan Ngemplak, dikarenakan dalam website saya belum menemukan staff atau petugas yang menangani hal tersebut (Pengelola Website).
    Terimakasih

    1. Terima kasih atas pertanyaanya, untuk diketahui bahwa PPID berupa tim dalam pelayanan penyelenggaraan informasi publik di OPD, Sedangkan untuk teknis pelayanan PPID di atur dalam SK Tim PPID Kecamatan Ngemplak. Secara singkat dapat kami jelaskan bahwa Pejabat PPID di Kecamatan Ngemplak melekat pada Sekretaris Camat, sedangkan dalam pelaksanaan pelayanan dibantu 2 tenaga teknis sebagai admin web dan medsos. Untuk mengetahui lebih detail tentang SK Tim PPID, sdr. Ameria dapat mengajukan permohonan informasi publik, secara langsung atau via email dengan mengunduh form permohonan informasi publik di menu permohonan informasi atau kunjungi ppid.slemankab.go.id untuk permohonan informasi publik secara online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *