Sepekan program percepatan cetak eKTP Kecamatan Ngemplak

Dalam rangka meningkatkan tertib administrasi kependudukan, khususnya kepemilikan eKTP, Pemerintah Kecamatan Ngemplak melakukan beberapa inovasi pelayanan eKTP, mulai dari perpanjangan surat keterangan melalui apliaksi WA di bulan September 2017, hingga percepatan pencetakan eKTP di bulan April 2018 ini. Kedua program tersebut memang ditujukan untuk mempermudah warga masyarakat dalam mendapatkan pelayanan eKTP. Tercatat sejak diluncurkan 2 April lalu, sejumlah 285 keping eKTP sudah tercetak selama 5 hari kerja, sedangkan rata-rata pencetakan  sebelumnya hanya 400 keping/ bulan. Diharapkan program percepatan pencetakan eKTP ini dimanfaatkan warga masyarakat Ngemplak, sehingga tidak ada lagi kendala pelayanan publik karena warga yang belum memiliki eKTP.

Namun, dalam rapat koordinasi terbatas, Kepala Seksi Pelayanan Umum, H.Heru Bharanti , S.E menyatakan bahwa masyarakat belum banyak yang memanfaatkan program-program inovasi dari Pemerintah Kecamatan, terbukti dari masih banyaknya eKTP PRR ( Print Ready Record) yang sudah tercetak sejak Desember 2017, namun belum juga diambil. Padahal, daftar cetak eKTP tahun 2017 sudah pernah dipublikasikan melalui website dan juga facebook Kecamatan, berbagai infografis dan update program pencetakan eKTP juga dishare melalui media sosial seperti facebook dan instagram dengan sasaran para remaja wajib eKTP dengan data PRR , selain juga surat pemberitahuan resmi melalui Pemerintah Desa.

Camat Ngemplak, Dra. Siti Wahyu Purwaningsih menambahkan bahwa berbagai upaya wajib dicoba demi mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat. eKTP merupakan dokumen kependudukan yang merupakan hak dari setiap penduduk, sehingga Pihak Kecamatan harus lebih proaktif lagi dalam memberikan pelayanan eKTP.  Berbagai channel yang kita miliki harus kita optimalkan untuk mendukung pelayanan publik, sekarang zamannya main media sosial, kita juga harus eksis di media sosial sehingga warga masyarakat terhindar dari hoaks, kita sebagai penyelenggara pelayanan dapat memberikan informasi yang valid terkait pelayanan-pelayanan publik di Kecamatan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat