Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sleman

Sleman, InfoPublik – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sleman yang bertempat di gedung DPMPPT (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu), Beran, Tridadi, Sleman, mulai diujicobakan sejak Senin (6/5/2019).Uji coba ini sengaja dilakukan untuk melihat efektivitas dari pengimplementasian Mal Pelayanan Publik pada masyarakat Sleman dan sekitarnya.

Soft launching atau uji coba tersebut dihadiri oleh masyarakat dari berbagai kalangan yang sedang mengurus beragam keperluan administrasi. Salah satunya ialah Rosa, yang sengaja datang untuk mengurus surat perizinan pendirian hotel di Sleman.Ia mengaku telah dua kali datang ke gedung DPMPPT Sleman ini. Yang pertama memasukan surat pengantar, lalu seminggu kemudian ia datang kembali untuk mengurus surat izin pendirian hotel sekaligus melakukan wawancara perihal prosedur pendirian hotel di Kabupaten Sleman.Rosa mengaku jika keberadaan Mal Pelayanan Publik ini sangat membantu disebabkan adanya penyatuan berbagai instansi perangkat daerah dalam satu gedung yang memudahkan publik menyelesaikan segala keperluannya di satu tempat.Selain itu juga lokasi dari Mal Pelayanan Publik itu sendiri yang mudah dijangkau, di tepi Jalan Magelang. Namun kekurangannya ialah, antrian yang dirasa lama oleh para pengunjung. “Antrian disini membludak, jadi nunggunya lama. Saya di sini sudah 45 menit,” tuturnya.

Masing-masing loket diisi oleh pelayanan dari berbagai institusi, diantaranya pelayanan pembuatan kartu identitas anak dan perekaman e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pelayanan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagkerjaan, Bank BPD DIY, pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh Samsat Sleman, dan pembuatan IMB.

Selain itu juga ada loket Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama, SIM Corner oleh Polres Sleman, dan Pelayanan Izin Usaha Jasa Konstruksi dari Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Pada salah satu corner dipajang beragam hasil olahan dari UMKM Sleman meliputi kain batik dan tas batik. Selain itu Mal Pelayanan Publik ini juga dilengkapi fasilitas umum seperti toilet, musholla, dan ruang bermain anak. Untuk menunjang kinerja para pegawai, diselipkan pula kotak saran agar pengunjung dapat memberikan masukan ataupun kritik terhadap Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sleman.

Meskipun masih dalam tahap uji coba, namun antusiasme dari masyarakat sangat tinggi. Mal Pelayanan Publik ini pun masih terus dalam tahap penyempurnan, sebelum peluncuran perdananya pada 15 Mei nanti.(Rep Bilqis/toeb)

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sleman”

Open chat