Kartu Keluarga berbarcode, gantikan ttd Kepala Dinas

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sleman akhirnya menggunakan tanda tangan elektronik dalam pelayanan Kartu Keluarga menindaklanjuti program inovasi digitalisasi Pelayanan Adminduk. Akhir 2018 lalu, Ditjen Dukcapil memang telah merancang sejumlah kebijakan dalam rangka mewujudkan program ini. Langkah awal yaitu dengan mendaftarkan seluruh tanda tangan Kepala Dinas untuk menjadi spesimen yang akan dicocokkan dalam penerapan tanda tangan digital pada Desember lalu. Selanjutnya, adalah mempersiapkan infrastruktur dan pelaksana teknis.

Kecamatan Ngemplak telah menerima 1 set PC Komputer dan Printer Laser Jet baru pada akhir 2018 lalu, yang sedianya digunakan untuk menunjang pelayanan pencetakan KK barcode . Koordinasi antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sleman dan Kecamatan sebagai pelaksana teknis semakin intens dalam mempersiapkan pelayanan KK berbarcode ini hingga pada 29 April lalu, 17 Kecamatan se-Kabupaten Sleman secara serentak melaksanakan pencetakan KK berbarcode. Pelayanan Kartu Keluarga konvensional di Kecamatan Ngemplak membutuhkan waktu 5 hari kerja, dengan peralihan sistem barcode ini, pelayanan Kartu Keluarga dapat diselesaikan maksimal 3 hari kerja. Secara teknis tidak banyak yang berubah dalam entry maupun editing data penduduk di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan sebelumnya, hanya saja setelah selesai proses editing data, operator perlu mengajukan sertifikasi tanda tangan elektronik melalui sistem yang nantinya akan diapprove atau disetujui oleh Kepala Dinas melalui sistem. Setelah pengajuan sertifikasi disetujui, barulah operator dapat melanjutkan proses pencetakan dokumen Kartu Keluarga.

Ibu Wiwin Lestari, warga Bendungan Wedomartani tersenyum saat menerima Kartu Keluarga TTE dari Kasi Pelayanan Umum Kec. Ngemplak sesaat setelah menerima KK baru. Ibu Wiwin mengurus perpindahan penduduk salah satu anggota keluarganya, selain menerima Surat Keterangan Pindah WNI, siang itu Ibu Wiwin sekaligus memperoleh Kartu Keluarga Pengganti.

Pelayanan KK dengan tanda tangan elektronik/ barcode ini memang mempercepat pelayanan Kartu Keluarga, Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Ngemplak menyampaikan bahwa sesuai rapat koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sleman bahwa SOP pencetakan KK TTE di Kecamatan disepakati 3 hari kerja, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Kecamatan Ngemplak dapat mempercepat waktu penyelesaian Kartu Keluarga ini, mengingat volume pengajuan KK yang tidak sebanyak Kecamatan dengan jumlah penduduk banyak seperti Kecamatan Depok, Mlati, Ngaglik.

Jumlah pengajuan KK di Kecamatan Ngemplak memang relatif sedikit kisaran 25 KK per hari, akan tetapi dalam rangka persiapan evaluasi GISA tahun ini, Padukuhan Morangan Desa Sindumartani mengajukan pembaharuan pencetakan Kartu Keluarga, sehingga volume pencetakan KK meningkat.

Pemerintah Kecamatan Ngemplak belum secara resmi melakukan sosialisasi terhadap perubahan sistem validasi Kartu Keluarga ini, namun secara aktif memberikan penjelasan kepada warga dan perangkat desa yang mengambil KK baru, selain itu beberapa informasi juga sudah diunggah di media sosial Kecamatan Ngemplak dengan harapan warga masyarakat dapat saling berbagi informasi mengenai perubahan sistem ini.

Hampir 2 pekan implementasi tanda tangan elektronik dalam Kartu Keluarga ini, beberapa warga menanyakan mengenai validitas Tanda Tangan Barcode dan keamanan KK dari tindak pemalsuan dokumen,  berikut sedikit pembahasan mengenai Validitas Tanda Tangan Elektronik / Barcode

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sudah memastikan bahwa Barcode yang dipakai sebagai penggati tanda tangan dinyatakan Asli dan tidak bisa di palsukan. Karena barcode yang di pakai, sudah masuk dalam Digital Progres, Untuk mengetahui bahwa KK  asli atau palsu, masyarakat dapat membaca Barcode dengan Aplikasi Android seperti QR Barcode Scanner. Jika warga sudah menerima KK, barcode dapat discan menggunakan aplikasi tersebut dan nantinya akan muncul file dokumen KK tsb, apabila tidak muncul file dokumen maka KK fisik tersebut palsu.

 

 

 

Author: admin

1 thought on “Kartu Keluarga berbarcode, gantikan ttd Kepala Dinas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *