Jemput Bola eKTP di Sindumartani, fasilitasi warga 16 tahun rekam data eKTP

Kamis, 12 April 2018 menjadi hari yang sibuk di Kantor Kepala Desa Sindumartani, Ngemplak. Dengan nuansa pakaian khas kejawen, sejumlah perangkat desa mempersiapkan ruangan untuk pelayanan jemput bola perekaman data eKTP . Petugas operator dari Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil pun datang lebih awal dari jadwal yang ditetapkan guna mengantisipasi jumlah pemohon yang banyak. Petugas dari Dinas  mempersiapkan peralatan perekaman eKTP mobile .

Kegiatan jemput bola eKTP tahun ini sebenarnya memiliki sasaran kelompok yang sama, yaitu para lansia, penyandang dissabilitas maupun warga biasa yang memiliki kendala akses terhadap tempat pelayanan rekam ektp di Kantor Kecamatan. Akan tetapi pada tahun ini, warga yang berusia 16 tahun dapat juga mengikuti program jemput bola ini, hanya saja untuk pencetakan eKTP nya menunggu genap 17 tahun.

Dalam kegiatan ini, sejumlah 27 warga Sindumartani yang didominasi dengan pemohon pemula (usia 16 dan 17 tahun) , sedangkan kelompok lansia hanya 1 warga kejambon kidul dan 1 warga penyandang disabilitas. Salah satu staf Desa Sindumartani, Untung Safrudin menjelaskan, bahwa kegiatan jemput bola rekam eKTP memang agenda rutin dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sleman dalam meningkatkan target perekaman wajib data eKTP , kelompok lansia dan penyandang disabilitas di wilayah Sindumartani sudah banyak yang terfasilitasi dengan program jemput bola tahun sebelumnya, sehingga tahun hanya sedikit pemohon dari kalangan lansia dan penyandang disabilitas.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat