Gernas Baku, Tumbuhkan Minat Baca Orangtua dan Anak

SLEMAN, KRJOGJA.com – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Ngemplak didukung Pemerintah Kecamatan Ngemplak meluncurkan Gerakan Nasional Orangtua Membaca Buku (Gernas Baku) di Aula Kantor Kelurahan Widodomartani, Ngemplak Sleman, Sabtu (05/05/2018). Gernas Baku serentak diluncurkan secara nasional pada 5 Mei 2018 ini.

Ketua Panitia Erna Kusumawati SPd didampingi Ketua Himpaudi Ngemplak Dra Dyah Tantini mengatakan, sasaran Gernas Baku adalah para orangtua. Diharapkan melalui Gernas Baku, para orangtua mulai membiasakan membacakan buku bagi anak-anaknya.

“Ketika orangtua terbiasa membacakan buku setiap hari dirumah, anak tentu akan bertambah pengetahuaannya dan menjadi pintar. Dari situ diharapkan anak juga punya budaya membaca sejak dini,” terang Erna.

Menurut Erna yang juga berprofesi sebagai Guru di Lembaga PAUD IT Insan Mulia Dua Ngemplak, Gernas Baku mewajibkan para orangtua yang memiliki anak usia sekolah membacakan buku di rumah minimal 5 menit sehari. Buku-buku bacaan bisa didapat para orangtua dengan meminjam dari perpustakaan keliling yang ada di desa, atau dari perpustakaan di sekolah anaknya. “Kami (pihak sekolah) juga proaktif meminjami para orangtua buku-buku untuk dibaca di rumah,” katanya.

Camat Ngemplak Dra Siti Wahyu Purwaningsih mendukung penuh Gernas Baku ini. Pasalnya kebanyakan anak-anak masa kini lebih memilih bermain gadget daripada membaca buku. Agar gerakan ini efektif dan terkontrol, disetiap kecamatan atau kelurahan ada agen penggerak, dalam hal ini istri camat atau istri kepala desa. Kalau camat dan kepala desanya perempuan, berarti yang bersangkutan sekaligus menjadi Bunda PAUD dan agen penggerak Gernas Baku.

Menurut Siti, nanti akan ditentukan jam-jam tertentu yang mewajibkan para orangtua membacakan buku bagi anaknya dan menjauhkan gadget dari anak-anak. “Saya akan terus dorong dan pantau lewat grup Whatsapp, agar semua menyukseskan Gernas Baku ini,” katanya. Saat acara peluncuran Gernas Baku, ditandatangi komitmen bersama antara orangtua, guru PAUD dan agen penggerak untuk menyukseskan Gerakan ini. (Dev).

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat