COVID-19 MENGHIDUPKAN KEMBALI TRADISI SISKAMLING

 Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling kini mulai diaktifkan kembali sejak merebaknya virus corona. Penerapan skema keamanan dengan konsep dari warga untuk warga itu dipercaya dapat lebih menjamin rasa aman di lingkungan. Bahkan, dapat mengendus dan mengurangi segala potensi tindak kriminal di masa pandemi corona.

Tepatnya hari Minggu (17/05/2020) malam, pukul 19.30 Tim Renovasi Pos Kamling warga dusun Ngalian menyerahkan Pos Kamling yang telah selesai direnovasi dengan dana Sukarela dari masyarakat kepada RW 21 dan RW 22. Dalam penyerahan ini dihadiri oleh Sri Yulianti selaku Kepala Dusun Ngalian, serta warga sekitar dengan tetap social distancing.

Menurut Jumeno selaku pengagas renovasi Pos Kamling, mengatakan renovasi ini dengan mengunakan konsep alkulturasi budaya Jawa Cina itu berarti “Di masa pandemi corona, revitalisasi Siskamling dapat menjaga hubungan baik antarwarga, meningkatkan solidaritas, dan tentu saja menjaga keamanan lingkungan bersama dan bersatu.”

Sedangkan menurut Sudarman selaku RW 21 Ngalian, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, beroperasinya Siskamling juga bisa menjadi salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona. Selain menjaga keamanan, Siskamling berdiri untuk membantu peran posko siaga covid-19.

Melalui Pos Kamling, keluar masuknya warga di lingkungan terus diawasi. Termasuk, kedatangan warga yang pulang dari kawasan rawan corona. Jika ada warga yang kembali dari zona merah akan dilaporkan ke RT/RW setempat. Selanjutnya, mereka akan diarahkan oleh Tim Covid-19 dusun untuk melakukan karantina.“Itu sebagai langkah antisipasi untuk memastikan setiap pendatang yang masuk ke wilayah desa dalam keadaan sehat,” ujar Kaweco

Dalam laporannya Yusuf selaku Bendahara menyampaikan bahwa dalam rangka merenovasi Pos Kamling ini bisa mengumpulan dana sukarela masyarakat sejumlah Rp.2.000.000,- dan berupa barang seperti semen, lampu. Dan yang sudah selesai dikerjakan antara lain: memasang keramik lantai seluas 17 m, mengecat dinding, mengecat list plang, instalasi listrik dan menganti genteng yang pecah, selanjutnya Pos Kampling ini akan dilengapi peralatan yang mendukung seperti: 2 HT, 2 lampu baterai, TV,  kotak P3K, alat pemadam kebakaran, tempat cuci tangan, daftar nomor telpon penting, dan tanda bunyi kentongan. Serta tadi malam Pos kamling langsung bisa dipakai untuk jaga malam.

 

Kontributor: Pak D (KIM LUMINTU)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat