CCTV amankan wilayah dari sampah liar ?

Permasalahan sampah liar memang masih menjadi salah satu masalah klasik  di wilayah pemukiman, meskipun telah banyak upaya untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat untuk mengelola sampah secara mandiri maupun menggunakan jasa pengelola sampah, namun masih ada saja warga masyarakat yang acuh dan membuang sampah sembarangan. Bukan hanya membuang dipinggir jalan, tetapi orang-orang acuh ini bahkan juga membuang sampah di sungau, di jembatan, bahkan di area persawahan. Pemerintah Kabupaten Sleman melalui UPTD Pelayanan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup, memiliki program patroli sampah liar yang dikoordinasikan dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa. Meskipun demikian, masih saja ada laporan terkait pembuangan sampah liar, salah satunya di wilayah Umbulmartani, Ngemplak.
Menindaklanjuti laporan warga, mengenai tumpukan sampah di Umbulmartani, Ngemplak, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui UPTD Pelayanan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, bersama-sama dengan tim Kecamatan Ngemplak, telah melakukan pengecekan ke lapangan pada Kamis, 13 Agustus 2020 .Dari hasil tinjauan, terlihat bahwa tumpukan sampah di sisi selatan jalan sudah berkurang  dari info aduan awal, dan sudah ada upaya pencegahan dari pemilik  lahan dengan pemasangan tulisan ” Terima buangan urug, Tidak Terima Buangan Sampah”. Meskipun masih terlihat bekas pembakaran tumpukan sampah sebelumnya, namun tumpukan sampah justru beralih ke sisi utara jalan yang berbatasan langsung dengan area persawahan milik warga.
Pemkab Sleman telah melakukan pemasangan CCTV di lokasi, dan barangsiapa kedapatan membuang sampah sembarangan, maka sesuai Perda Kabupaten Sleman No 4 Tahun 2015 akan dikenakan denda maksimal sebesar 50 Juta Rupiah atau pidana kurungan maksimal 3 bulan. Dalam waktu dekat, Kecamatan Ngemplak bersama UPTD Pelayanan Persampahan akan melakukan kerja bakti pembersihan sampah dan pengangkutan sampah menggunakan armada DLH, melakukan pemasangan papan larangan buang sampah di lokasi, dan akan melakukan patroli sampah liar.

Meskipun telah dipasangi cctv untuk meminimalisir pembuang sampah liar,  pembuang sampah liar tentu tidak akan habis akal, bisa saja mereka membuang sampah di sepanjang jalan yang tidak terjangkau area cctv maupun berpindah lokasi. Oleh karena itu, mari kita lebih aktif untuk saling mengingatkan sesama warga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama, terutama tidak membuang sampah sembarangan. Peran aktif warga masyarakat sekitar akan lebih efektif untuk mencegah pembuang sampah liar. Jangan biarkan lingkungan kita terjajah sampah !

Apabila terdapat kendala dalam pembuangan sampah rumah tangga, silakan hubungi:
UPTD Pelayanan Persampahan :
Jl. KRT Pringgodiningrat No. 9 Beran, Tridadi Sleman DIY 55511
Telphone : (0274) 4360012,
Telp. Ext : (0274) 868405 Psw : 7209 (TU), 7208 (Restribusi Sampah)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat