Surat Keterangan Pengganti KTP el selama menunggu stok Blanko

Bulan Agustus dan September menajdi bulan paling padat sepanjang akhir tahun 2016 di setiap Kantor Pelayanan EKTP di seluruh Indonesia, setelah pernyataan Kemendagri mengenai batas rekam EKTP. Lonjakan permohonan EKTP yang tidak disertai dengan perhitungan stok blanko menyebabkan antri cetak permohonan menjadi sangat lama. Dalam Bulan Agustus, tercatat 2.175 berkas permohonan EKTP yang mampu tercetak 1.069 berkas dengan sistem lembur karena di tiap jam kerja pagi hanya melayani perekaman data EKTP. terlihat bahwa sisa berkas wajib cetak bulan September saja sudah mencapai 1.106 blanko, belum ditambah pengajuan baru di bulan Oktober dst. Kemendagri kembali mengirimkan surat  no 471.13/10231/DUKCAPIL tanggal 29 September 2016 , yang menyampaikan 2 hal pokok :

1. Bahwa ketersediaan blanko KTP el per 1 Oktober 2016 di DirjenDukCapil telah habis.

2. Bagi penduduk yang telah melakukan perekaman KTP el namum belum mendapatkan fisik KTP el dapat diterbitkan surat keterangan sebagai pengganti KTP el yang berlaku 6 bulan dan bisa digunakan untuk Bank, BPJS, imigrasi, Pemilu dsb.

dan disampaikan juga mengenai teknis penerbitan surat keterangan pengganti KTP el yang dimaksud,

Kebijakan pemerintah pusat memang harus didukung sepenuhnya oleh pemerintah di tingkat dibawahnya, namun terkadang pernyataan pernyataan pemimpin pusat sendiri yang menimbulkan polemik di masyarakat dan pada akhirnya petuags sebagai ujung tombak pelayanan yang harus secara hati-hati menjelaskan danmenyampaikan maksud peraturan dan pernyataan tersebut. Semoga dapat dipahami bahwa pada dasarnya semua proses ini merupkan upaya pemerintah pusat untuk melakukan percepatan program EKTP yang berlarut-larut sejak tahun 2011, dan semoga permsalahan teknis seperti ketersediaan blanko, kerusakan alat, kurangnya petugas dapat diatasi dengan kebijakan baru yang akan memperlancar pelayanan EKTP pada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *