SUKET MANUAL dengan foto tempel bagi pemohon KTP Pemula

Suket atau surat keterangan pengganti KTP el pada dasarnya merupakan kebijakan Kemendagri mengenai polemik kekosongan blanko per Oktober 2016 lalu. Setelah penduduk melakukan perekaman data dan terverifikasi data tunggal di server kemendagri atau menjadi data PRR (Print Ready Record) data perekaman penduduk dapat diolah melalui SIAK versi 5  (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) menjadi surat keterangan perekaman, yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti syarat BPJS, perbankan, Pilkada, Kepolisian dsb.

Akan tetapi mulai 15 Desember 2016 lalu, data  perekaman  ktp el penduduk tidak bisa terverifikasi di data pusat Kemendagri karena terganggunya fungsi data center Kemendagri, sehingga semua data rekaman per 15 Desember hanya berstatus SFE (Sent For Enrollment), sehingga tidak bisa dibuatkan SUKET KTP versi SIAK 5. 3 Bulan proses penunggalan data tsb tidak menunjukkan progress, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sleman, membuat kebijakan dengan membuatkan surat keterangan KTP dalam proses dengan format mirip SUKET berbasis aplikasi SIAK tetapi menggunakn foto tempel pemohon, yang nantinya digunakan sebagai pengganti identitas / KTP . Proses pencetakan suket manual ini terpusat di Dinas dikarenakan standar suket sesuai Surat Edaran Kemendgari memang dtandatangi oleh Kepala Dinas, sedangkan untuk suket manual merupakan tindak lanjut dari masalah data perekaman pemula yang tidak kunjung muncul sehingga tidak bisa dibuatkan suket reguler.

Bagi warga ngemplak, sd. awal April ini, setelah melakukan perekaman data ktp el, apabila menghendaki suket manual maka akan diberikan pengantar permohonan suket manual di Dinas dengan SOP 5 hari kerja. Akan tetapi mulai 18 Desember, sesuai hasil rapat koordinasi kebijakan kependudukan, SUKET Manual akan dilimpahkan pencetakannya di kecamatan.

Kecamatan Ngemplak mulai mencetak suket manual pada Rabu, 19 April 2017, dikarenakan informasi yang baru, maka banyak dari pemohon yang belum menyiapkan pasfoto sebagai syarat pembuatan suket manual ini. Informasi ini secara informal sudah disebarluaskan kepada perangkat Desa dan segera disusuli dengan surat edaran resmi dari Kecamatan. (ad*)

April 19, 2017

Tag:,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *