Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan PMPRB

Jumat, 8 November 2013 Pemerintah Kab. Sleman menyelenggarakan Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan PMPRB bertempat di Ruang Rapat Lantai III BKD Kab. Sleman . Hadir sebagai narasumber Ir. Bambang Dwi Atmaka dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dari sosialisasi tersebut dapat disimpulkan bahwa :

1. Pemerintah Kab. Sleman sejak 31 Oktober 2013 ditetapkan sebagai pilot project PMPRB, hal ini terkait dengan Pemerintah Kab.Sleman yang mendapat peringkat WTP 2 kali, sehingga dianggap sebagai pemerintah yang baik oleh masyarakat dan mempunyai tim Reformasi Birokrasi. Tetapi sebagai catatan WTP hanya persoalan birokrasi bukan persolan moral (korupsi), sedangkan PMPRB mencakup persoalan birokrasi dan juga moral.

2. PMPRB sebagai monev atas pelaksanaan kegiatan, dilihat dari upaya dan hasil.

3. Uraian yang ada pada kertas kerja merupakan cerminan dari satu atau beberapa kegiatan dari seluruh Program/Kegiatan yang dilaksanakan OPD.

4.Penilaian diberikan jika memang ada buktinya, walaupun hanya notulen.

5. Bukti kegiatan dibendel dan disimpan, dan kertas kerja diupload secara online.

6. Cara memberikan nilai PDCA pada PMPRB online :

-) Pada setiap sub kriteria tentukan kegiatan apa saja yang dapat mencerminkan sub kriteria tersebut.

-) Dalam pemberian nilai : misalkan 1 sub kriteria tercermin pada 10 kegiatan yang sudah dilaksanakan min. 3 th. Jika ada bukti pada ke 10 kegiatan tersebut maka diberi nilai full, namun jika hanya ada 5 kegiatan maka diberi nilai tengah, jika hanya 3 kegiatan yang dapat memberikan bukti maka diberi nilai rendah.

7. Cara mengisi kertas kerja :

*) Lihat guide question, kemudian cari kegiatan apa saja yang terkait, lalu buat sintesisnya dengan  memotret ‘saya dimana’, ‘kegiatannya apa’.

*) Kumpulkan bukti guna memberi nilai, jika bukti hanya ada di ‘DO’ pada monev tidak ada bukti, maka kolom bukti hanya diisi pada ‘DO’.

*) Sebagai catatn bahwa monev hanya membahas data dan angka, pengukuran ada di plan, dan membahas kegagalan serta hambatan.

November 19, 2013

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *