SEMUA EKTP SUDAH SEUMUR HIDUP ?

Sejak dilimpahkannya wewenang cetak KTP Elektronik di Pemkab Sleman, per Februari 2016 , hasil cetakan EKTP menjadi sedikit berbeda, yaitu di kolom masa berlaku, akan tertulis ‘SUMUR HIDUP’ untuk semua hasil cetakkan EKTP. Hal tersebut menjadi pertanyaan di kalangan masyarakat karena KTP konvensional memberlakukan masa berlaku selama 5 tahun, dan KTP seumur hidup dulunya hanya diperuntukkan bagi penduduk usia 60 th ke atas.

Mendagri Tjahjo Kumolo telah menerbitkan dua surat edaran pada Jum’at (29/01/2016) terkait masa berlaku KTP elektronik (KTP-el) seumur hidup. Pertama, Surat Edaran Nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian. Kedua, Surat Edaran Nomor 470/296/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia. Kedua surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut atas berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Diharapkan bagi warga masyarakat untuk memahami peraturan kependudukan terkait KTP Elektronik ini sehingga terhindar dari pungutan liar calo yang mengatasnamakan perpanjangan EKTP, karena semua EKTP sudah berlaku seumur hidup, selama tidak ada perubahan data. Sehingga, EKTP yang terbit sejak tahun 2011 dan tertulis masa berlaku sd. 2017 atau sebelumnya, tetap berlaku sah sesuai UU terbaru tsb.

Download lampiran SE. Kemendagri ttg masa berlaku EKTP Seumur hidup disini => SE_MDN_tentang_KTP-el_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *