Sadranan ~ Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Kab.Sleman Th 2015

sadrananDinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya 2015 selama dua hari pada Sabtu (5/9/2015) dan Minggu (6/9/2015) di taman parkir Meseum Gunungapi Merapi Hargobinangun Pakem.

Festival ini diikuti oleh 17 Kontingen perwakilan dari 17 Kecamatan Se-kabupaten Sleman. Kontingen Kecamatan Ngemplak  yang berasal dari Dusun Kailbulus Desa Bimomartani, menyuguhkan Upacara Adat ‘Sadranan’.

Sekilas mengenai Sadranan, di dalam masyarakat jawa, menjelang datangnya bulan suci ramadhan tepatnya dibulan Ruwah / Sya’ban ada tradisi yang bernama Sadranan. Menurut sejarah, Sadranan ini telah turun-temurun sejak dulu. Sadranan pada saat itu dilaksanakan sebagai pemujaan pada arwah leluhur yang telah meninggal dunia. Seiring dengan berkembangnya Agama Islam di tanah Jawa oleh Walisanga, Para Wali tetap mempertahankan tradisi sadranan, tetapi substansinya diisi dengan nilai-nilai Islam. Sadranan tidak lagi dipersembahkan kepada arwah leluhur, tetapi merupakan sarana untuk mendoakan agar arwah para leluhur tersebut bisa tentram, damai di sisi Allah SWT.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan nilai-nilai tradisi dan mewariskan nilai-nilai kearifan lokal kepada masyarakat khususnya generasi muda serta sebagai wahana apresiasi yang bermakna bagi para pelaku ritual upacara adat dan tradisi budaya serta masyarakat umum. Selain itu, diharapkan kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk sajian pertunjukan atraksi budaya yang dapat mendukung dan menjadikan daya tarik tersendiri terhadap kepariwisataan di Kabupaten Sleman.

Oktober 13, 2015

Tag:,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *