:: Rakor Adminduk Ngemplak ::

Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Ngemplak menyelenggarakan rapat koordinasi antara Kabag Pelayanan Umum dan semua dukuh Se- Kecamatan Ngemplak  terkait munculnya beberapa permasalahan adminduk. Pokok-pokok materi Rakor yang dilaksanakan pada Kamis 7 Nopember 2013 itu di antaranya :

1. Penegasan kembali aturan tinta warna ungu yang harusnya digunakan dalam legalisasi dokumen kependudukan.

2. KIPEM/SKTS hanya berlaku 1 tahun dan tidak bisa diperpanjang. Dukuh dimohon untuk cermat dalam mengeluarkan izin/pengantar, karena terdapat modus penyalahgunaan SKTS untuk keperluan yang tidak benar.

3. Penegasan kembali mengenai surat keterangan beda nama / tanggal lahir, bahwa dalam UU RI No. 23 Th. 2006 ttg Administrasi Kependudukan tidak diatur produk Surat Keterangan Beda Nama/ Tanggal Lahir, sehingga surat keterangan tersebut merupakan kebijakan yang menyimpang dari aturan. Oleh karena itu Pemerintah Desa diharapkan untuk berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan dan diharapkan memberikan pengarahan kepada warga masyarakat apabila data yang tertera di KK/KTP tidak sesuai dengan data di dokumen yang lain, untuk merevisi salah satu data sesuai data yang benar sehingga terwujudnya data kependudukan yang valid. Permasalahan keterangan beda nama/tanggal lahir ini sudah disampaikan kepada pihak Dukcapil Kab. Sleman, dan akan ditindaklanjuti dengan mengeluarkan Surat Edaran ttg pemakaian Surat Keterangan Beda Nama / Tanggal Lahir.

 

November 12, 2013

Tag:,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *