>> Pemantauan Makanan <<

Sebagai upaya meminimalisasi peredaran makanan yang sudah habis masa kadaluarsa maupun makanan yang memakai pewarna tidak standar, Tim Pemantau Kecamatan Ngemplak mengadakan pemantauan makanan di pasar dan warung-warung di sekitar wilayah Ngemplak pada tanggal 24 Agustus 2011 lalu.

Tim gabungan yang berasal dari Puskesmas, Kecamatan, Polsek, Trantib serta Koramil tersebut melakukan pendataan dan pengecekan produk makanan di display toko, swalayan, warung serta pasar, apakah  produk makanan tersebut sudah lewat tanggal kadaluarsanya, serta kandungan zat pewarna makanannya apakah sesuai dengan standar LPOM.

Disela-sela pemantauan tim juga menghimbau warga masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli produk makanan,jangan membeli produk makanan apabila bungkus atau segelnya rusak, serta pastikan untuk membaca masa berlaku makanan. Makanan yang sudah lewat masa kadaluarsanya tidak layak konsumsi dan bisa membahayakan  karena sudah terkontaminasi oleh bakteri ataupun jamur dan bersifat toksin / racun bagi tubuh.

Tim Pemantau juga mengingatkan kepada pihak penjual, pemilik toko maupun swalayan untuk rutin mengecek masa berlaku makanan yang mereka jual, dan untuk disimpan ditempat khusus untuk nantinya dibuang/dimusnahkan, jangan sampai memajang produk yang sudah tidak layak konsumsi tersebut di meja atau rak display.

September 20, 2011

Tag:, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *