Pelatihan Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman menyelenggarakan pelatihan pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Tahun 2015 bagi PCL dan PML. Pelatihan dilaksanakan mulai hari Rabu tanggal 10 Juni 2015 selama 2 hari di LPP Yogyakarta .

Kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) dilakukan dalam rangka menyempurnakan dan memutakhirkan informasi rumah tangga dan individu yang terdapat dalam Basis Data Terpadu (BDT). Tujuan kegiatan PBDT salah satunya adalah untuk mempertajam ketepatan sasaran melalui pemutakhiran informasi rumah tangga dan individu agar dapat meminimalkan kekurangakuratan penetapan sasaran serta berupaya menjangkau rumah tangga miskin yang belum tercakup dalam BDT. Manfaat dari kegiatan ini adalah memperoleh informasi terkini rumah tangga dan individu yang dapat digunakanpelatihan PBDT sebagai basis penetapan sasaran kepesertaan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan pada skala nasional dan daerah.

Dengan menggunakan data dari BDT, jumlah dan sasaran penerima manfaat program dapat dianalisis sejak awal perencanaan program. Hal ini akan membantu meminimalisasi kesalahan dalam penetapan sasaran program sosial.

Seperti kita ketahui selama ini data  yang dipakai untuk program penanggulangan kemiskinan masih menggunakan data BDT tahun 2011, sehingga data tersebut memiliki margin kesalahan yang tinggi karena adanya dinamika sosial selama 4 tahun terakhir ini. Misalnya perubahan status penduduk miskin menjadi tidak miskin, kematian, perpindahan penduduk dan lain lain.

Juni 11, 2015

Tag:, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *