Merawat semangat Bela Negara di ‘masa kini’

berita2

 

 

 

 

 

 

 

 

Semangat bela negara tidak hanya identik dengan semangat para angkatan bersenjata/ angkatan militer  kita yang berperang melawan musuh dalam peperangan, namun semangat bela negara juga dimaknai sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat. Perubahan nilai dalam masyarakat terkait dampak globalisasi maupun kemajuan teknologi menjadikan generasi muda asing dengan semangat bela negara. Allih-alih memahami dan bangga dengan potensi kebudayaan dan keanekaragaman Indonesia, generasi muda justru mengagumi nilai-nilai budaya asing.

Kondisi yang seperti ini tidak dapat dibiarkan karena akan semakin mengaburkan identitas generasi muda dan juga semangat nasionalisme dan juga bela negara. Oleh karena itu diperlukan tindakan nyata dari Pemerintah untuk ‘menyentuh’ para generasi muda, untuk menyadarkan kembali identitas dan semangat bela negara sebagai seorang warga negara.

Selasa, 21 Maret 2017 diadakan Sarasehan Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Pendopo Kecamatan Ngemplak. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat Desa dan para pengurus Karang Taruna di wilayah Kecamatan Ngemplak dengan narasumber dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Koramil Ngemplak. Turut mendampingi , Camat dan Sekretaris Camat Ngemplak dalam acara sarasehan yang bertemakan ” Merawat Semangat Bela Negara Generasi Muda untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Kegiatan ini diharapkan menambah wawasan serta kesadaran para generasi muda tentang semangat bela negara, dan dengan diundangnya para pengurus Karang Taruna , mereka dapat menjadi motivator Bela Negara di desanya masing-masing. (ad*)

Maret 23, 2017

Tag:,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *