Mensos Beri Perhatian Pada KUBE Masyarakat Lereng Merapi

Menteri Sosial RI Salim Shegaf Al Jufri mengunjungi Shelter Gondang I Jumat 29 Juli 2011. Kunjungan ini membawa angin segar dan harapan bagi masyarakat, terutama penghuni shelter. Mensos memberi perhatian kepada masyarakat dengan berbagai bantuan untuk kelompok usaha bersama.

Dalam kesempatan tersebut Mensos menyatakan bahwa antara masyarakat dan pemerintah adalah satu keluiarga, makanya kalau masyarakat belum bekerja maka pemerintah akan memperhatikan. Dan Kemensos tidak ingin masyarakat menderita dan itu perlu perhatian, sementara kalau mereka belum mandiri akan tetap diperhatikan. Selanjunjutnya kalau merka sudah mandiri  maka bantuan akan diberikan pada yang lain, karena apa yang dimiliki pemerintah milik rakyat juga. Menyinggung Kelompok usaha bersama akan selalu diperhatikan , agar masyarakat dapat melakukan kegiatan secara kelompok, dengan harapan akan mampu meningkatkan kesejahteraannya. Dengan adanya keberadaan KUB diharapkan kegiatan masyarakat/kelompok semakin maju yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Dengan bertambahnya anggota dalam KUB merupakan bukti bahwa KUB tersebut berhasil  Bukti bahwa KUB tersebut berhasil bisa dilihat dengan bertambahnya jumlah anggota kelompok dan aset yang dimiliki dan efektifnya kegiatan anggota/kelompok.

Sedang bantuan dana untuk KUB selama tahun 2011 ini mencapai 10 – 12 ribu kelompok usaha bersama, dengan jumlah jiwa mencapai  125 sampai 150 ribu dan besarnya bantuan perkelompok mencapai 20 juta rupiah.  Sementara untuk Jadup pemerintah tetap akan memperhatikan bagi masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut mensos juga berkenan meninjau kegiatan masyarakat dengan berbagai kegiatan antara lain budidaya Jamur, pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman produktif yang cepat menghasilkan seperti tanaman sayuran, juga kegiatan warung kelontong dan warung makan. Mensos  dalam kesempatan tersebut juga mengarahkan  agar masyarakat dapat memiliki kegiatan yang cepat menghasilkan pendapatan untuk hidup sehari-hari.

Agustus 3, 2011

Tag:,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *