Kontingen Ngemplak bawa pulang piala Festival Karawitan

4Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menggelar Festival Karawitan Ibu-Ibu 2017 tingkat Kabupaten di area parkir utara Lapangan Denggung Sabtu dan Minggu 25-26 Maret 2017. Tidak tanggung-tanggung, hadiah total Rp 313 juta disiapkan bagi para pemenang serta pemain instrument dan sinden terbaik dalam .

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantoro menyampaikan bahwa event yang diikuti 17 grup karawitan perwakilan masing-masing kecamatan di Kabupaten Sleman tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya khususnya seni karawitan gaya Yogyakarta. Festival ini juga didominasi perempuan dan sebagian anak-anak sebagai pemain instrumentnya sebagai wujud partisipasi perempuan dalam menjaga kelestarian budaya atau kesenian sesuai visi Pemerintah Kabupaten Sleman menciptakan masyarakat yang berbudaya.  (http://www.slemankab.go.id/10262/sleman-gelar-festival-karawitan.slm )

Berdasarkan penilaian tiga dewan juri yang terdiri dari unsur akademisi, praktisi seni, serta seniman karawitan dari Kraton Yogyakarta kontingen Krawitan Kecamatan Ngemplak berhasil menjadi juara Harapan 2 .

Prestasi ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi Pemerintah Kecamatan Ngemplak untuk memajukan seni krawitan di wilayah Ngemplak. Setelah mendapatkan bantuan satu set gamelan pada akhir tahun 2016 lalu, memang sering diadakan kegiatan pelatihan krawitan di gedung krawitan di kompleks Kecamatan Ngemplak yang melibatkan seniman se Kecamatan Ngemplak. (ad*)

Maret 30, 2017

Tag:, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *