Distribusi blanko minim, Kecamatan layani perpanjangan SUKET KTP

Berdasarkan rapat koordinasi kebijakan administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sleman pada 13 April 2017 lalu, diberitahukan bahwa Blanko KTP untuk DI Yogyakarta sejumlah 50.000 keping  sedangkan Jatah untuk Kabupaten Sleman sejumlah 10.000 keping. Sesuai kesepakan bahwa pembagian di tingkat kecamatan disesuaikan dengan azas kebutuhan. Untuk Kecamatan Ngemplak mendapatkan jatah 500 keping.

Data di Dinas Dukcapil untuk Kecamatan Ngemplak bahwa data pemohon KTP yang siap dicetak atau dengan status PRR (Print Ready Record) sejumlah 2.380. Distribusi blanko tahap pertama ini hanya memenuhi sekitar 21 persen kebutuhan pemohon KTP el yang siap cetak. Sedangkan total pemohon KTP el sd. 11 April 2017 sejumlah 3.124 yang terdiri dari 744 pemohon pemula yang status data nya masih SFE (Sent For Enrollment) yang berarti bahwa data penduduk belum berhasil diverifikasi ketunggalan datanya di server pusat Kemendagri.

Mengantisipasi ketimpangan distribusi blanko dan kebutuhan cetak, Kecamatan Ngemplak melayani perpanjangan Suket (Surat Keterangan) Pengganti KTP el bagi warga yang belum mendapat jatah blanko. Untuk diketahui bahwa pencetakan KTP el di Kecamatan Ngemplak sebelum kekosongan blanko pada Oktober 2016 lalu, baru sampai pada berkas pengajuan tanggal 23 September 2016. Sehingga, blanko pada tahap pertama ini tentu saja diprioritaskan bagi warga yang sudah mendaftarkan pengajuan KTP el di tahun 2016,sedangkan jumlah pemohon KTP el yang siap cetak dari tanggal 26 September sd. Desember 2016 sejumlah 1.756. Nantinya akan ada 1.256 warga yang harus memperpanjang SUKET KTP karena Suket pertama mulai dicetak tanggal 17 Oktober 2016 dan akan habis pada bulan April-Mei ini.

Adapun setelah distribusi blanko, Kecamatan tidak bisa langsung mencetak KTP pemohon dengan status PRR dikarenakan perubahan versi aplikasi SIAK dan Bcard (aplikasi sistem administrasi kependudukan dan aplikasi cetak KTP el) sehingga untuk sementara Kecamatan harus mengajukan list data pemohon yang akan diajukan untuk  penghapusan data Suket di SIAK 5 ke Dinas Dukcapil, untuk kemudian dicetak KTP elnya. (ad*)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *