Data rekaman tidak muncul , pemohon KTP el bisa mengurus Surat Ket. dalam Proses

pelayanan-dukcapil-ktpSejak Oktober 2016 , Blanko KTP el di Kecamatan Ngemplak habis, seiring dengan habisnya stok blanko KTP el di Kemendagri. Proses lelang yang dilaksanakan di bulan November dan Februari lalu ternyata masih dinyatakan gagal, sehingga untuk pelayanan KTP el diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP el yang berlaku selama 6 bulan, sembari menunggu pengadaan blanko dan distribusi ke daerah.

Pembuatan Surat Keterangan KTP el ini menggunakan SIAK – Sistem Informasi Administrasi Kependudukan versi 5 yang sudah terintegrasi dengan data KTP el, sehingga output dari Surat Keterangan ini secara data sudah seakurat dan sevalid data KTP el, sehingga hanya data rekam yang tunggal saja yang bisa dibuatkan surat keterangan pengganti KTP el. Status data penduduk yang dobel tidak dapat diterbitkan surat keterangan dan harus memproses pindah penduduk sesuai wilayah data KTP el yang tercatat di server pusat. Karena memang pada pelaksanaannya masih ditemukan banyak kasus penduduk melakukan perekaman data KTP el lebih dari sekali dengan NIK yang berbeda di lain daerah. Pada proses perekaman memang tidak terjadi masalah, akan tetapi ketika data sudah sampai di server pusat dan diolah di data center kemendagri, data akan teridentifikasi sebagai data tunggal maupun data ganda.

Pelayanan surat keterangan pengganti KTP el ini mengalami kendala per 15 Desember 2016 , dimana  penduduk yang telah melakukan perekaman data KTP el, belum terverifikasi data kependudukannya sebagai data tunggal maupun data ganda. Status data masih ‘Terkirim Ke Pusat Data Kemendagri’, sehingga tidak bisa dibuatkan surat keterangan pengganti KTP el. Hal ini tidak hanya dialami oleh Kecamatan Ngemplak dan kecamatan lain di wilayah Kab. Sleman, tetapi secara nasional akibat terganggunya fungsi data center di Kemendagri yang sampai saat ini belum ada surat edaran resmi terkait permasalahan tersebut.

Keluhan warga terkait pelayanan surat Keterangan KTP el ini sangat wajar karena setiap Instansi Penyelenggara Pelayanan Publik menjadikan KTP el sebagai syarat pokok administrasi, seperti Pembuatan SIM, BPJS, pajak, NPWP dsb.

Menanggapi keluhan tersebut, dalam Rapat Koordinasi Kependudukan di Kecamatan Ngemplak yang dilaksanakan Senin 20 Maret 2017 lalu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sleman menyampaikan bahwa untuk warga perekam pemula yang membutuhkan dokumen untuk pengurusan SIM maka dapat mengurus Surat Keterangan KTP Dalam Proses ke Dinas Dukcapil Sleman dengan membawa pengantar dari kecamatan dan phas foto 4 x 6 berwarna sesuai tahun kelahiran sebanyak 2 (dua) lembar. Surat Keterangan KTP dalam proses tidak dipungut biaya/gratis. (ad*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *